Ketahui Beda Peralatan dan Perlengkapan Kantor Sebelum Membuat Jurnalnya

Firstfin.web.id - Jika kita perhatikan akun yang tampil serta dicatat pada Neraca memang ada beberapa yang rasanya menarik untuk kita bahas.

Karena ada beberapa posisi serta nama akun yang sepertinya mirip bahkan kadang kita bingung membedakan sebuah transaksi apakah masuk kedalam akun A atau justru kedalam akun B.

Misalnya sebut saja akun Perlengkapan Kantor dengan akun Peralatan Kantor dimana dua akun ini seperti memiliki banyak kesamaan.

Bahkan seperti yang disebutkan diatas kadang kita bingung menentukan apakah sebuah barang termasuk kedalam kelompok Peralatan Kantor atau justru masuk kedalam Perlengkapan Kantor.

Untuk dapat dengan mudah membedakan kedua akun tersebut tentu kita harus memahami masing - masing akun mulai dari definisi sampai contoh barangnya.

 

Perlengkapan Kantor

 

Perlengkapan kantor adalah barang yang digunakan untuk menunjang kegiatan administrasi Karyawan.

 

Baca Juga : Perlengkapan Kantor : Definisi, Jenis, Fungsi dan Contoh Jurnalnya Dalam Akuntansi

 

Barang penunjang ini cukup banyak jenisnya sehingga untuk mencatat pembelian atas barang - barang tersebut perlu dikelompokkan pada satu akun saja.

 

Beda Perlengkapan dan Peralatan

 

Tentu sebelum mengelompokkan pada satu akun kita harus mengetahui jenisnya terlebih dahulu.


1. Ciri Perlengkapan Kantor

 

Berikut ini adalah ciri barang yang termasuk kedalam kelompok Perlengkapan Kantor :

 

  • Tidak memiliki penyusutan
  • Hanya untuk digunakan dan tidak dijual kembali
  • Masa manfaat yang sangat pendek bahkan kurang dari 1 Tahun
  • Ukuran lebih kecil serta harga relatif cukup murah
  • Hanya sebagai unsur pelengkap bukan unsur utama dalam kegiatan operasional Perusahaan

 

Silahkan perhatikan ciri tersebut bagian yang paling penting adalah pada bentuk fisik serta pencatatan jurnal khususnya penyusutan asset.


2. Contoh Perlengkapan Kantor

 

Supaya lebih mudah membedakan mana barang yang termasuk kedalam kelompok Perlengkapan Kantor berikut ini adalah beberapa contohnya :

 

  • Kertas HVS
  • Kertas buram
  • Amplop
  • Buku Tulis
  • Buku Agenda
  • Isi Stapler
  • Pulpen
  • Pensil
  • Spidol
  • Lem dan lain - lain

 

Dari contoh diatas terlihat bahwa memang untuk Perlengkapan Kantor ini sifatnya hanya penunjang saja.

Bahkan untuk beberapa barang jika tidak ada atau tidak dimiliki proses Administrasi masih tetap bisa dijalankan dengan baik.

 

Peralatan Kantor

 

Peralatan Kantor adalah barang penunjang yang digunakan untuk kelancaran proses administrasi Perusahaan.

Dari definisi memang Perlengkapan Kantor dengan Peralatan Kantor ini sama - sama merupakan barang penunjang administrasi.

Poin inilah yang kadang membuat kita sulit membedakan mana barang yang termasuk kedalam Peralatan serta mana barang yang termasuk kedalam Perlengkapan.

 

Baca Juga : Peralatan Kantor : Definisi, Jenis dan Contoh Jurnal Pada Akuntansi  


Tapi seharusnya dari ciri serta contohnya tentu kita sudah dapat dengan mudah membedakan Peralatan serta Perlengkapan tersebut. 

 

1. Ciri Peralatan Kantor

 

Berikut ini adalah ciri untuk barang yang termasuk kedalam kelompok Peralatan Kantor :

 

  • Terdapat biaya Penyusutan
  • Dapat dijual kembali meskipun harganya sudah pasti akan turun
  • Masa manfaat atau umur ekonomisnya minimal selama 1 Tahun
  • Memiliki ukuran yang cukup besar
  • Alat utama yang mendukung kegiatan operasional
  • Dicatat pada akun kelompok Aktiva Tetap

 

Dari ciri diatas sebenarnya sudah sangat terlihat perbedaan antara Perlengkapan dengan Peralatan.


2. Contoh Peralatan Kantor

 

Berikut ini adalah beberapa contoh barang yang termasuk kedalam kategori atau kelompok Peralatan Kantor :

 

  • Meja
  • Kursi
  • Printer
  • Mesin Fotocopy
  • Lemari
  • Mesin untuk Absensi
  • Dispenser
  • Alat penghacur kertas
  • Scanner dan lain - lain

 

Jika masih bingung membedakan mari kita bahas secara detail perbedaan dari Peralatan serta Perlengkapan Kantor.

 

Beda Peralatan Dengan Perlengkapan Kantor

 

Selanjutnya mari kita simpulkan beberapa perbedaan antara Peralatan dengan Perlengkapan Kantor dari sudut padang serta unsur cirinya.

 

1. Harga Barang

 

Dari sisi harga barang umumnya yang termasuk kedalam kelompok Peralatan Kantor akan memiliki harga yang lebih mahal.

Sebaliknya untuk barang yang termasuk kedalam kelompok Perlengkapan kantor harganya cenderung lebih murah.


2. Fisik Barang

 

Dari sisi fisik barang untuk jenis atau kategori Peralatan memang memiliki bentuk yang jauh lebih besar.

Sedangkan Perlengkapan Kantor memiliki bentuk fisik atau ukuran barang yang lebih kecil dibandingkan dengan Peralatan.

 

3. Fungsi Barang

 

Dari sisi fungsi untuk barang yang termasuk kedalam kategori Peralatan akan sedikit kesulitan digantikan fungsinya.

Selain itu biasanya untuk barang yang termasuk kedalam kategori ini bisa dijual kembali jika sudah tidak digunakan.

Sedangkan untuk barang yang termasuk kedalam kategori Perlengkapan jika tidak ada proses administrasi cenderung akan tetap bisa dijalankan dengan baik.

Bahkan untuk barang yang termasuk kedalam kategori ini biasanya tidak untuk dijual kembali atau hanya untuk digunakan saja.


4. Usia / Masa Manfaat Barang

 

Dari sisi usia atau masa manfaat barang untuk kategori Peralatan Kantor akan memiliki masa manfaat yang jauh lebih lama.

Inilah alasannya kenapa untuk barang yang termasuk kedalam kategori Peralatan Kantor harus dihitung biaya penyusutan Asset setiap akhir periode.

Sedangkan barang yang termasuk kedalam kategori Perlengkapan Kantor masa manfaatnya sangat pendek bahkan kadang hanya sekali pakai saja.

 

5. Pencatatan Jurnal

 

Pada tampilan Neraca untuk kelompok Perlengkapan akan dicatat pada Aktiva Lancar sedangkan kelompok Peralatan akan dicatat pada kelompok Aktiva Tetap.

Bahkan kadang untuk kelompok Perlengkapan Kantor akan langsung dicatat kedalam kelompok Biaya Perlengkapan Kantor.

 

Baca Juga : Jurnal Penyesuaian : Definisi, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh Pencatatan

 

Konsep pencatatan pada Jurnal ini memang cukup berbeda dan kita harus memahami masing - masing caranya baik untuk Peralatan maupun Perlengkapan.


Penutup

 

Pada dasarnya tujuan utama dari memahami kedua akun diatas adalah tidak salah menempatkan barang.

Karena tentu kesalahan penempatan barang tersebut akan sangat berpengaruh kedalam Laporan Keuangan.

Jika memang sudah memahami ciri serta contoh yang dijelaskan diatas rasanya kita akan dengan mudah bisa membedakan.

Apakah sebuah barang masuk kedalam kelompok Peralatan atau justru masuk kedalam kelompok Perlengkapan.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang beda peralatan serta perlengkapan kantor dan semoga bermanfaat.

 Ikuti Informasi Terbaru Kami di Google News